PEMANFAATAN KOMPUTER
Pertemuan Ketiga ini akan membahas mengenai keberadaan komputer yang selalu ada dimana-mana. Kita akan membahas pemanfaatannya diberbagai bidang kehidupan manusia.
Segala kegiatan yang dilakukan dipermudah dengan adanya berbagai inovasi yang diciptakan salah satunya adalah komputer. Di era serba teknologi seperti saat ini, keberadaan komputer sangatlah penting. Manfaat komputer dianggap sebagai alat multifungsi dan sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Baik dari kalangan anak kecil, remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Memiliki kegunaan yang multifungsi, menjadikan keberadaan komputer sering dijumpai di supermarket, kantor, bank, sekolah, dan lain sebagainya. Bahkan kini di masing-masing rumah juga telah memiliki komputer dengan berbagai jenis dan bentuk. Misalnya seperti laptop.
Walaupun komputer bersifat bisa mengerjakan apa saja alias multifungsi, namun belum banyak yang memgetahui secara signifikan tentang manfaat komputer itu sendiri. Ya, orang-orang yang menggunakan komputer hanya sebatas megetahui serta menggunakan dasar-dasar komputer saja. Sehingga tidak bisa merasakan manfaat yang berlebih dari komputer. Untuk itu, agar kamu bisa memperoleh manfaat komputer secara lebih, kamu perlu mengenal beberapa manfaat komputer agar bisa memiliki keahlian khusus untuk mendapatkan manfaat komputer dengan lebih.
A. Komputer di Bidang Pendidikan
Komputer dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.
Nah, untuk siswa sendiri, manfaat komputer yang bisa dirasakan adalah bisa lebih mudah untuk mendapatkan ilmu atau informasi. Peran buku manual pun dapat diganti dengan menggunakan buku elektronik atau e-book. Maka tak heran, kini sudah banyak sekolah yang telah menerapkan perpustakaan digital atau perpustakaan berbasis komputer. Dengan berubahnya stigma pendidikan yang berbasis komputer ini, diharapkan dapat mempermudah bagi para guru dan siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar.
Menurut Robert Taylor, peranan komputer di bidang pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL, dan TUTEE:
1. Sebagai TUTOR – Komputer berperan sebagai pengajar yang difungsikan sebagai alat pembelajaran atau CBE (Computer Based Education)
2. Sebagai TOOL – Komputer memudahkan proses pengajaran berintegrasi komputer diantaranya untuk pengolahan data nilai, penjadwalan dan lain sebagainya
3. Sebagai TUTEE – Komputer berperan sebagai alat yang diajar dan bisa melakukan diskusi dan dialog dan dikenal dengan CAI (Computer Assist Intruction)
Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu para siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka, yaitu:
1. Model latihan dan praktek (drill and practice)
2. Model tutorial
3. Model penemuan (problem solving)
4. Model simulasi (simulation)
5. Model permainan (game)
B. Komputer di Dunia Bisnis
Teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan informasi terkini mengenai operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan.
Dari sisi pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajemen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader yaitu alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer. Penggunaan barcode reader memudahkan pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat ini terhubung dengan komputer di kasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan hasil transaksi setiap saat untuk mengetahui jenis barang, sisa stok, barang-barang yang harus segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang penting lagi dapat segera diketahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari transaksi.
Semua itu dimungkinkan karena penggunaan komputer dan penerapan program sistem informasi manajemen. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain.
C. Komputer di Bidang Sosial Budaya
Perkembangan teknologi dibidang sosial dan budaya memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dan bersosialisasi satu dengan yang lainnnya. Banyak aplikasi yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam hal berkomunikasi dan bertukar teknologi.
Jika selama ini ruang untuk menampilkan kebudayaan daerah masih sangat terbatas, dengan adanya teknologi memungkinkan untuk mengenalkan kebudayaan tersebut secara luas tanpa batas. Pertukaran budaya pun secara otomatis dapat tercipta dikalangan masyarakat secara cepat dan mudah.
D. Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari
Manfaat komputer yang digunakan hampir seluruh orang adalah mennjadikannya sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan komputer, masyarakat bisa mengakses internet untuk nantinya terhubung dengan teman atau saudara melalui beberapa media. Misalnya saja, kamu bisa berkirim pesan dengan email, mengobrol dengan teman melalui pesan instan, video call, mengunggah foto serta memberikan komentar di jejaring sosial.
Dalam keseharian selain melakukan komunikasi menggunakan komputer, masyarakat juga dapat melakukan kegiatan perdagangan jual beli dengan memanfaatkan komputer. Kegiatan ini dikenal dengan istilah e-commerce. Dengan e-commerce, masyarakat dapat melakukan interaksi perdagangan tanpa harus bertemu langsung dengan penjual atau pembeli.
Istilah dunia ada dalam genggaman muncul dari melakukan berbagai kegiatan dalam keseharian manusia yang dilakukan dengan pemanfaatan komputer. Semua aplikasi yang ada didalam komputer dapat memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan kebutuhan hariannya bahkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan untuk hiburan.
E. Komputer Dalam Bidang Pemerintahan
Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat mengakibatkan berbagai bidang di instansi atau perusahaan mengimplentasikan teknologi untuk banyak keperluan-keperluan sebanding dengan bertambahnya fungsi teknologi komputer, bertambah pula keperluan akan luas jaringan komputer yang diperlukan oleh bidang tersebut agar setiap bagian terkait dapat menggunakan layanan-layanan teknologi yang disediakan. Pemerintah sudah menggunakan komputer untuk melayani semua aktivitas pada lembaganya dan sudah sejajar dengan keberadaan masyarakat modern yang paham akan teknologi dan internet.
Dibidang pemerintahan, pemanfaatan internet dan komputer dikenal dengan sebutan electronic government atau E-government untuk menjangkau lebih mudah semua lapisan masyarakat melalui teknologi. PERMASALAHAN Pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu. Mengacu pada definisi yang diajukan oleh World Bank, komputer dalam pemerintahaan/e-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh instansi-instansi atau badan-badan pemerintahan(misal dengan Wide Area Networks, Internet, dst), yang dengan semua itu mempermudah dan meningkatkan kemampuan transfomasi hubungan antara warga negara, dunia bisnis, dan bagian-bagian lain dari pemerintahan. Masyarakat yang memiliki peran utama dalam suatu negara pastinya memiliki ide untuk membangun dan memajukan kota, pemerintah kota sumedang untuk saat ini belum memiliki sistem penampung aspirasi bagi warganya. Dengan adanya komputer, masyarakat dapat menyalurkan ide dan saran maupun kritikan kepada pemerintah secara mudah.
Materi disusun oleh :
Nama/ NIM : Luban Abdi Susanto/ 1910652004
Sumber Materi Rangkuman https://estudy.unmuhjember.ac.id/
Dosen Pengampu : Bu Ulya Anisatur R., M.Kom. (Dosen TI UNMUH Jember)
Materi Bisa di Klik "Download"
Arsip Tugas Pertemuan 3 Klik "Lihat"
0 comments:
Post a Comment